Minggu, 16 Mei 2010

Sekilas Tentang HDMI

 Istilah HDMI mungkin sudah tidak asing lagi bagi kita,namun untuk sekedar mengingatkan kembali apa dan teknologi apa sih yang dianut system HDMI itu? berikut ini saya jelaskan definisi dari HDMI tersebut :

Definisi singkat HDMI
High-Definition Multimedia Interface (HDMI) adalah salahsatu antarmuka (interface) peralatan audio/video digital tanpa kompresi yang didukung oleh industri. HDMI menyediakan antarmuka antara beberapa sumber audio/video digital yang cocok, saperti set-top box, pemutar DVD atau penerima AV serta audio digital dan/atau monitor video yang cocok, saperti televisi digital (DTV).
(*source id Wikipedia)
Keunggulan HDMI dengan perangkat analog sambungan lainya atau tradisional
* HDMI transfer semua file nonkompresi-digital audio dan video dan menghilangkan file file corrupt dengan kualitas analog yang berarti bahwa kualitas gambar akan di gelar tertinggi. Hal ini sebenarnya yang utama keuntungan karena dapat mengirimkan baik audio dan video dalam satu kabel. Hal ini juga mencegah kerugian yang disebabkan oleh konversi digital ke analog.
* Rendahnya harga dari HDMI adalah salah satu manfaat besar sejak satu koneksi HDMI menggantikan 3 sambungan video definisi tinggi ( High Definitions ) untuk video dan audio 6 sambungan untuk resolusi tinggi audio.
* kapasitas cadangan dari HDMI dapat digunakan untuk menggabungkan teknologi baru yang berupa advancements.
* HDMI Non terkompresi video mendukung format dan tetap memberikan kualitas dan fungsi dari semua-digital sekaligus menjaga biaya rendah.
* HDMI memiliki kapasitas yang ada untuk mendukung high-definition video format (720p, 1080i, dan 1080p). Hal ini juga mendukung berbagai format audio seperti stereo dan multi channel surround sound. Hal ini juga memiliki fleksibilitas untuk mendukung peningkatan definisi format seperti 480p, serta standar definisi format seperti NTSC atau PAL.
* HDMI menyediakan peningkatan kapasitas dan fleksibilitas misalnya datang dengan “Auto lip-sync” kemampuan yang memungkinkan sebuah HDTV yang HDMI 1,3-benar mampu secara otomatis setiap out-of-sync video dan audio latency yang mungkin terjadi dalam beberapa HDTV set karena kompleks pemrosesan video.
* HDMI menghilangkan kerumitan menggunakan beberapa beberapa kabel karena menggabungkan audio dan video ke sebuah kabel.


Standar HDMI datang dalam dua jenis. Konektor HDMI Tipe A mempunyai 19 pin sedangkan HDMI Tipe B mempunyai 29 pin dan mendukung resolusi tinggi sebagai sebagai 1080i. jenis ini ditujukan bagi industri film.

Tehnologi HDMI juga sudah diterapkan dalam Notebook notebook sekarang yang Versi terbaru seperti Notebook yang berasal dari Vendor terkemuka yaitu : Compaq, Acer, serta Toshiba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar